Saturday 4 July 2015

6 Langkah Mudah Menulis Puisi




Bagi sebagian orang menulis puisi merupakan hal yang mudah untuk dilakukan seperti halnya membalik telapak tangan, tetapi banyak juga orang yang merasa kesulitan untuk menulis sebuah puisi. Apakah sobat salah satu dari sekian banyak orang yang merasa kesulitan dalam menulis puisi? Jika iya, beruntunglah sobat bisa menemukan tulisan ini.

Dalam menulis puisi terdapat 6 langkah yang harus dilakukan agar puisi yang dihasilkan bagus dan indah. Apa sajakah itu? Di bawah ini Catatan Kekalahan akan membahas ke-enam langkah tersebut.
  •  Rajin Membaca Puisi
Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menulis puisi adalah rajin membaca puisi. Ketika sobat rajin membaca puisi hasil karya penulis besar seperti Chairil Anwar, Khalil Gibran, W. S. Rendra dan penulis lainnya, sobat akan dapat menilai sebuah puisi itu bagus atau tidak, indah atau tidak. Jadikanlah puisi-puisi tersebut sebagai referensi sobat dalam dalam menulis puisi. Semakin sering sobat membaca puisi, maka kosa kata sobat juga akan semakin bertambah sehingga menulis puisi bukan merupakan hal yang sulit lagi.
  • Memilih Tema Puisi
Tema merupakan ide pokok pikiran dari sebuah puisi. Sebelum memulai penulisan puisi, terlebih dahulu sobat harus menentukan tema yang akan diangkat atau dibahas di dalam puisi sobat.

Terdapat banyak tema yang bisa sobat angkat dalam penulisan puisi seperti tema tentang cinta, alam, persahabatan, kepahlawanan, ataupun kondisi sosial yang ada di sekitar sobat. untuk menemukan tema dalam puisi, jangan terlalu terikat dengan hal-hal nyata karena sobat juga dapat bergantung dengan imajinasi maupun mimpi yang sobat alami kemarin malam.
  • Membuat Judul Puisi
Setelah sobat menentukan tema dalam puisi yang akan ditulis, langkah selanjutnya adalah membuat judul dari puisi tersebut. Tema dan judul dari sebuah puisi harus memiliki hubungan yang sesuai dan saling terikat. Jangan pernah membuat judul puisi yang tidak berhubungan dengan tema yang dibahas.

Judul puisi merupakan gambaran sepintas dari tema yang dibahas di dalam puisi. Ketika sobat akan membaca sebuah puisi, yang pertama sobat baca adalah judulnya bukan! Setelah membaca judul, pastinya sobat dapat langsung mengetahui tema yang dibahas di dalam puisi tersebut. Sebagai contoh, puisi yang berjudul Rindu Yang Mengendap, dari judulnya kita akan mengetahui tema yang dibahas yaitu tentang kerinduan.

Dalam membuat judul, sobat harus menggunakan kumpulan kata yang singkat dan padat, tidak boleh terlalu panjang. Selain itu sobat juga dapat membuat judul puisi dengan nama benda seperti puisi yang berjudul Ranjang.
  • Mengumpulkan Kata-kata Indah
Kata yang indah  merupakan unsur yang membentuk keindahan dari sebuah puisi. Karena itu sobat harus pintar dalam memilih kata-kata yang digunakan dalam puisi sehingga puisi sobat akan menjadi indah.

Memilih kata-kata yang indah dapat kita lakukan dengan dua cara yaitu mencari sinonim dari sebuah kata dan juga menggunakan kata kiasan. Misalnya kata “sore” memiliki sinonim “senja”, dari segi keindahan tentu saja kata “senja” lebih indah dari pada kata “sore”. Untuk kata kiasan, sobat dapat menggunakan kata seperti “bola merah” yang berarti “matahari”, “langit menangis” yang berarti”hujan” dan kata lainnya.
  • Merangkai Kata-kata Menjadi Kalimat
Setelah mengumpulkan kata-katai yang indah, langkah selanjutnya adalah merangkai kata-kata indah tersebut menjadi sebuah kalimat. Tentunya kalimat yang dirangkai harus memiliki keindahan. Selanjutnya menhubungkan kalimat-kalimat yang telah dirangkai menjadi suatu bait dalam puisi.

Perhatikanlah contoh kalimat di bawah ini, dan bandingkan mana yang lebih indah.
Kalimat 1: Aku selalu mengejarmu setiap hari
Kalimat 2: Kuselalu mengejarmu sepanjang hari
Dari kedua kalimat di atas, manakah menurut sobat yang lebih indah?
  •  Mengkoreksi Puisi Yang Sudah Ditulis
Sobat sudah berhasil menulis sebuah puisi, tetapi jangan bangga sebelum puisi tersebut benar-benar bagus dan indah. Untuk itu, sobat perlu mengoreksi puisi yang sudah ditulis agar menjadi labih sempurna. Dalam mengkoreksi puisi sabat dapat melakukan hal-hal berikut yaitu membaca ulang puisi yang sudah ditulis, mencari kata-kata yang kurang indah kemudian menggantinya dengan kata yang labih indah, meminta pendapat dari sahahat mengenai puisi yang sobat tulis, dan menerima kritikan dari orang lain agar puisi sobat menjadi semakin bagus dan indah

Itulah 6 langkah mudah dalam menulis puisi yang dapat Catatan Kekalahan berikan kepada sobat. Selamat belajar semoga sobat menghasilkan puisi yang bagus dan indah.

Jika bersedia, sobat dapat mengirimkan puisi sobat melalui email ke catatankekalahan@gmail.com untuk dipublikasikan di blog ini.

2 comments:

  1. wahhh setelah saya mengikuti cara di atas, akhirnya saya juga bisa juga gan bikin puisi yang bagus, makasih banyak ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok gan, thanks buat kunjungannya dan selamat menulis

      Delete